Beberapa Hal Di ketahui Sejauh Ini soal Pemuda Madiun

Beberapa Hal Di ketahui Sejauh Ini soal Pemuda Madiun Tersangka Bantu Bjorka

Beberapa Hal Di ketahui Sejauh Ini soal Pemuda Madiun, Geger Polisi menetapkan pemuda di Madiun, Jawa Timur (Jatim), Muhammad Agung Hidayatulloh alias MAH (21)

sebagai tersangka terkait pembobolan data oleh hacker Bjorka. Sejauh ini, ada beberapa hal yang sudah di ketahui.
MAH pun sebelumnya sempat di amankan polisi.

Timsus pun telah memeriksa MAH. MAH kini menjadi tersangka terkait pembobolan data oleh Bjorka.

“Jadi timsus telah melakukan beberapa upaya dan berhasil melakukan mengamankan, tersangka inisial MAH,” kata Juru Bicara Divhumas Polri Kombes Ade Yaya Suryana di kantornya.

MAH di sebut membantu kelompok Bjorka. Selain itu, polisi mengungkap motif MAH. Di rangkum, berikut ini hal-hal yang di ketahui sejauh ini terkait MAH tersangka yang membantu Bjorka.

1. MAH bantu bikin kanal Telegram

MAH diduga membantu menyediakan kanal di aplikasi percakapan Telegram. Dia juga pernah memposting di kanal tersebut.

“Adapun peran tersangka merupakan bagian dari kelompok Bjorka yang berperan sebagai penyedia channel Telegram, dengan nama channel Bjorkanism,” kata Ade.

2. Peran MAH

MAH juga berperan mengunggah dalam channel Telegram ‘Bjorkanism’. Ada tiga postingan yang diunggahnya.

Postingan pertama di unggah Muhammad Agung Hidayatulloh pada 8 September 2022. Juru bicara Divhumas Polri, Kombes Ade Yaya Suryana,

mengungkapkan bahwa dalam unggahannya, MAH menuliskan ‘stop being idiot’. Tersangka pernah melakukan posting di channel @Bjorkanism sebanyak tiga kali,

yaitu tanggal 8 September 2022, dalam tanda petik stop being idiot,” ujar Ade. Postingan kedua diunggah Muhammad Agung Hidayatulloh pada 9 September 2022.

Ade mengatakan, dalam unggahan itu, Muhammad Agung Hidayatulloh menuliskan perihal Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi target pembobolan data pribadi berikutnya.

“Kemudian, tanggal 9 September 2022, dalam tanda petik the next leaks will come from the President of Indonesia,” ujarnya.

Postingan berikutnya di unggah Muhammad Agung Hidayatulloh pada 10 September 2022. Muhammad Agung Hidayatulloh, di sebut Ade,

di duga menuliskan ancaman akan membocorkan data dari MyPertamina. Dan tanggal 10 September 2022 dalam tanda petik to support people who has stabling

by holding demonstration in Indonesia regarding the price fuel oil, i will publish MyPertamina database soon. Jadi itu yang di-publish oleh tersangka tersebut,” ungkap Ade.

3. Motif MAH

MAH diduga membantu Bjorka demi mendapatkan uang. MAH juga di sebut ingin terkenal. Adapun motifnya, motif tersangka membantu Bjorka agar dapat menjadi terkenal dan mendapatkan uang,” kata Ade.

4. Barang bukti disita

Sejumlah barang bukti dalam kasus ini pun telah di sita. Salah satunya SIM card seluler. Kemudian timsus juga telah mengamankan beberapa barang bukti,

yaitu satu buah SIM card seluler, kemudian dua unit handphone milik tersangka, kemudian satu lembar KTP atas nama inisial MAH,” kata Ade.

5. Alasan MAH tidak di tahan

Meskipun menjadi tersangka, MAH telah di pulangkan. MAH tidak di tahan karena di sebut telah kooperatif.

“Tadi ada bilang penahanan nggak? Belum kan. Nah iya berarti sedang di proses dan tidak di lakukan penahanan karena kooperatif,” tutur Ade.

Ade mengatakan tim khusus yang telah di bentuk pemerintah masih melakukan pendalaman terhadap MAH. Dia menyebut timsus bekerja di sejumlah wilayah di Indonesia.

“Timsus itu kan ada beberapa lembaga tadi sudah disampaikan, kegiatannya tentu ada di Jakarta, ada di mana-mana,” katanya.

“Sekarang timsus sedang mendalami lebih lanjut, untuk informasi terbaru selanjut nya mohon di tunggu, mohon sabar,” tambahnya.

baca juga: Sosok Bjorka Teridentifikasi

Previous post Sosok Bjorka Teridentifikasi
Next post Polisi Dalami Unsur Selain Pembakaran Lahan