Sosok Bjorka Teridentifikasi

Sosok Bjorka Teridentifikasi, Mahfud Sebut Tak Punya Keahlian Membobol

Sosok Bjorka Teridentifikasi Menko Polhukam Mahfud Md menyebut sosok hacker Bjorka sudah teridentifikasi. Ia memastikan

bahwa data negara yang bersifat rahasia tidak bocor. Tak hanya itu, Mahfud menyebut hacker Bjorka tidak memiliki kemampuan membobol yang sungguh-sungguh.

“Kemudian, kita terus menyelidiki karena sampai saat ini memang gambaran-gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh tim dan polisi.

Tetapi belum bisa di umumkan,” kata Mahfud Md saat jumpa pers di Kantornyasebagaimana dikutip dari.

Menurut Mahfud, tim khusus perlindungan data mengetahui sosok Bjorka melalui alat pelacak. Ia menyebut pemerintah akan bekerja maksimal dan berhati-hati dalam perlindungan data.

Gambaran-gambaran siapa, dan di mananya itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua,” ungkapnya.

“Kita membuat satgas untuk lebih hati-hati karena dua hal. Pertama, peristiwa ini ingatkan kita agar kita memang membangun sistem lebih canggih.

Kedua, dalam sebulan ke depan ada perundangan, undang-undang perlindungan data pribadi (PDP) yang sudah disahkan di DPR di tingkat 1,

berarti tingkat 2 di paripurna tak akan ada pembahasan substansi,” imbuh Mahfud. Dilansir dari, Mahfud juga bicara tentang kemampuan hacker Bjorka

yang tengah membuat heboh Indonesia. Mahfud menyebut Bjorka tidak memiliki kemampuan membobol.

“Kalau dari hasil kesimpulan tadi, apa yang disebut Bjorka ini sebenarnya tidak punya keahlian atau kemampuan membobol yang sungguh-sungguh,” kata Mahfud.

Menurut Mahfud, Bjorka hanya ingin mewanti-wanti pemerintah untuk hati-hati terhadap pembobolan data.

“Itu hanya ingin memberi tahu kepada kita, menurut persepsi baik kita, ingin memberi tahu bahwa kita harus hati-hati kita bisa dibobol dan sebagainya,” tuturnya.

Mahfud meminta agar publik tenang dan memastikan belum ada rahasia negara yang bocor. Menurutnya, data-data yang bocor hanyalah data-data umum.

Publik dan masyarakat harus tenang karena sebenarnya sampai detik ini belum ada rahasia negara yang bocor,” ujar Mahfud.

“Misalnya dulu jaman pak SBY ada Wikileaks, itu bisa ajaa (pembicaraan) presiden dengan menteri Australia bisa tersebar,” lanjutnya.

“Ini data-data umum (saja yang bocor),” imbuhnya.

Seperti diketahui, hacker Bjorka menjadi perbincangan dalam beberapa hari terakhir usai menyebarkan data-data sejumlah orang penting di Indonesia.

Bahkan, akhir-akhir ini hacker tersebut melakukan doxing sejumlah pejabat tinggi pemerintahan, mulai dari Menkominfo Johnny G. Plate,

Mendagri Tito Karnavian, Menkopolhukam Mahfud MD, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

baca juga: Aktor China Di pecat Jadi Model Prada

Previous post Aktor China Di pecat Jadi Model Prada
Next post Beberapa Hal Di ketahui Sejauh Ini soal Pemuda Madiun